Skip to main content

Pupuk Guano, Kotoran Teman dekat Tanaman

Mungkin saja Anda masih tetap terasa asing dengan arti pupuk guano. Bahkan juga mungkin saja sebagian orang jadi belum tahu apakah itu guano. Guano yaitu kotoran burung laut, anjing laut, atau kelelawar. Bila kotoran luwak berperan pada dunia peracikan kopi, jadi kelelawar tidak mau kalah dengan faedah kotorannya sebagai pupuk tanaman.

Kata ‘guano’ datang dari kata ‘wano’ (di ambil dari bhs Spanyol) yang mempunyai makna kotoran burung laut, anjing laut, atau kelelawar. Dalam KBBI, arti guano telah diserap jadi bhs Indonesia yang bermakna kotoran kelelawar serta burung laut. Arti itu memanglah tidak sering terdengar di orang-orang umum. Cuma orang yang tekuni bagian pertanian saja yang mungkin saja tahu.

Pupuk Guano Sebagai Fasilitas untuk Menyuburkan Tanaman

Argumen mengapa pupuk itu dapat Anda pakai sebagai amunisi andalan untuk kesuburan tanah yaitu kandungannya. Pupuk itu memiliki kandungan beberapa zat yang sangatlah berguna untuk perkembangan tanaman seperti amonia, fosfor, nitrogen, serta lain sebagainya. Tak main-main, kandungan nitrogen pada guano sangatlah tinggi hingga tak perlu dipertanyakan bagaimanakah ampuhnya guano untuk tanaman.

Lantas, bagaimana caranya bikin pupuk itu? Anda tak perlu cemas lantaran Anda ada ditempat yang pas serta membaca artikel yang pas. Di bawah ini yaitu langkah untuk bikin pupuk itu. Sesungguhnya Anda dapat segera mengambil pupuk padat di gua kelelawar. Tetapi bila Anda alami kesusahan untuk mengambilnya, anda dapat membuatnya sendiri.

Bahan Pupuk Guano : 

1. Kotoran kelelawar 20 kilo 
Terkecuali di goa, kelelawar umumnya tinggal di bebrapa tempat tinggal kosong. Bila Anda alami kesusahan mencari kotoran kelelawar, Anda dapat meminta tolong orang yang umum melancong ke goa.

2. EM4 
Bila Anda masih tetap asing dengan EM4, ini yaitu suatu cairan dengan warna kecoklatan yang di dalamnya terdapat beragam mikroorganisme seperti Lactobacilus, ragi, serta jamur fermentasi untuk menyerap unsur baik didalam tanah. Anda dapat menemukannya di toko pertanian.

3. Air 
4. Terpal 

Cara membuat pupuk guano : 

  • Siapkan EM4 serta larutkan dengan air. Perbandingannya yaitu 10 tutup botol EM4 dengan 1 liter air. 
  • Bila telah, lalu siramkan hasil larutan itu ke kotoran kelelawar. 
  • Sesudah tersiram seluruhnya, aduk sampai rata. 
  • Pakai terpal untuk menutupnya.. 
  • Tunggulah sampai lebih kurang 2 minggu. 
Langkah diatas yaitu bikin pupuk padat. Terkecuali bikin pupuk padat, Anda dapat juga bikin pupuk bentuk cair. Di bawah ini yaitu cara-caranya.

  • Ambillah 3 sendok teh kotoran kelelawar serta masukkan ke satu wadah. 
  • Tuang air lebih kurang 3, 7 liter atau satu galon. 
  • Pupuk cair siap digunakan. 
  • Untuk memakai pupuk cair, cukup masukkan cairan itu ke botol penyemprot serta semprotkan ke tanaman yang paling disayangi Anda. Sedang untuk memakai pupuk padat, tinggal campur dengan tanah tempat tanaman ditanam. Cukup gampang bukan? 

Di bawah ini yaitu faedah yang bisa Anda dapatkan dari pupuk itu.

  1. Memiliki kandungan sangat banyak fosfor serta nitrogen yang sangatlah baik untuk kesuburan tanaman. 
  2. Mengatur bakteri merugikan didalam tanah. 
  3. Bagus untuk dipakai sebagai aktivator pembuatan kompos sendiri. 
  4. Bikin tanaman gampang menyerap zat baik dalam pupuk. 
  5. Lantaran memiliki kandungan 40% material organik, pupuk itu bisa memperkaya susunan tanah. 
  6. Ada bakteria flora yang berguna sebagai fungisida alami. 
  7. Ramah pada seluruhnya type tanaman, dari mulai rumput-rumputan hingga tumbuhan yang memiliki ukuran besar. Hal semacam ini yang mengakibatkan pupuk itu disukai lantaran sifatnya yang universal serta dapat dipakai untuk beragam jenis type tanaman. 
  8. Ramah lingkungan lantaran tak memiliki kandungan zat kimia yang beresiko untuk tanaman atau lingkungan. 

Comments

Popular posts from this blog

Nyatanya Berikut Keterangan Kenapa Pohon Palem Tidak Roboh Walau Didera Badai

Pohon palem terserang badai Sudah pernahkah kamu lihat badai, baik itu di video ataupun di tv? Kemampuan badai dapat menumbangkan pohon, bahkan juga pohon besar sekali juga. Akan tetapi, tahukah kamu nyatanya ada pohon yang dapat tahan pada badai? Yap, pohon palem. Mengapa dapat demikian? Yuk, cari info! Tidak Tersusun dari Kayu Walau palem ialah pohon, tanaman ini lebih berkerabat dekat dengan rumput, jagung, serta beras. Tidak seperti pohon umumnya, batang pohon palem tidak terbuat dari kayu. Batang pohon palem terbagi dalam beberapa kumpulan jaringan seperti spons. Karenanya, batangnya jadi lentur. Kelenturan berikut yang membuat masih kuat walau ditiup badai. Rusaknya sangat kronis yang dihadapi pohon palem hanya batang bengkok. Subur di Ruang Tropis Tanaman palem masuk ke grup Arecaceae yang hidup semenjak 100 juta tahun yang kemarin. Ada seputar 2.500 type tanaman palem. Palem banyak tumbuh di daerah tropis. Dengan batangnya yang lentur, pohon

Capai Keuntungan Berlipat dengan Menanam Squash

Tau ngga belakangan ini makin banyak petani yang mulai menanam squash? Tanaman yang mungkin saja terdengar asing untuk umumnya orang. Lalu apakah benar dapat capai keuntungan berlipat dengan menanam squash? Nah inilah yang kan kita ulas pada artikel kesempatan ini, perihal sepintas budidaya squash, dan bagaimanakah prospeknya kelak. Profil singkat tanaman squash  Squash (Cucurbita maxima), yaitu salah type tanaman keluarga labu-labuan (cucurbitaceae). Squash sangat banyak macamnya, ada yang warna hijau, kuning, orange kemerahan. Tetapi squash di sini yaitu squash kuning, orange kemerahan. Di Indonesia, tanaman squah type orange serta merah-lah yang banyak ditanam. Warnanya yang menarik inilah jadi argumen beberapa orang menanam squash di halaman tempat tinggal, pekarangan, taman atau di pagar tempat tinggal sebagai hiasan. Squash mempunyai banyak kandungan vitamin serta mineral yang cukup kompleks, terkecuali sebagai sumber karbohidrat. Squash di ketahui kaya vitamin A, E, C

Langkah Menangani Hama Keong Mas pada Tanaman Beserta Panduan

Hama keong mas untuk beberapa petani yaitu satu diantara musuh yang harus dibasmi. Kemunculannya di dalam sawah bisa meneror kelangsungan panen padi, hingga mengakibatkan petani kuatir bakal ancaman tidak berhasil panen. Untuk tersebut langkah menangani hama keong mas jadi konsentrasi paling utama beberapa petani yang mau lahannya bebas dari ancama hewan pengganggu itu. Bila Anda mencemaskan hal yang sama berlangsung pada tempat tanaman padi yang tengah Anda tanam, jadi pada kesempatan kali ini kami bakal bagikan sebagian anjuran serta tehnik pembasmian hama keong mas yang dapat selekasnya Anda lakukan di tempat persawahan. Langkah Menangani Hama Keong Mas  Sesungguhnya banyak langkah yang dapat kita aplikasikan dalam menangani hama keong mas itu, baik ini dengan cara kimiawi maupun dengan cara alami. Tersebut bakal kami ulas satu per satu untuk Anda. 1. Memusnahkan Telurnya  Saat sebelum hama keong mas merajarela, jadi langksh yang pas untuk pencegahannya yaitu dengan memusna