Skip to main content

Langkah Menangani Hama Keong Mas pada Tanaman Beserta Panduan

Hama keong mas untuk beberapa petani yaitu satu diantara musuh yang harus dibasmi. Kemunculannya di dalam sawah bisa meneror kelangsungan panen padi, hingga mengakibatkan petani kuatir bakal ancaman tidak berhasil panen. Untuk tersebut langkah menangani hama keong mas jadi konsentrasi paling utama beberapa petani yang mau lahannya bebas dari ancama hewan pengganggu itu.

Bila Anda mencemaskan hal yang sama berlangsung pada tempat tanaman padi yang tengah Anda tanam, jadi pada kesempatan kali ini kami bakal bagikan sebagian anjuran serta tehnik pembasmian hama keong mas yang dapat selekasnya Anda lakukan di tempat persawahan.

Langkah Menangani Hama Keong Mas 

Sesungguhnya banyak langkah yang dapat kita aplikasikan dalam menangani hama keong mas itu, baik ini dengan cara kimiawi maupun dengan cara alami. Tersebut bakal kami ulas satu per satu untuk Anda.

1. Memusnahkan Telurnya 

Saat sebelum hama keong mas merajarela, jadi langksh yang pas untuk pencegahannya yaitu dengan memusnahkan telur keong mas yang umumnya melekat pada pangkal batang sampai daun tanaman padi.

Memanglah langkah tersebut sedikit merepotkan, tetapi dengan dimusnahkannya telur hama itu,

jadi akan tidak ada lagi peluang untuk keong mas untuk bertumbuh serta berkembang biak dengan cara masif.

2. Menaburkan Kapur 

Bila telur hama keong mas telah terlanjur berkembang jadi keong mas dewasa yang meneror tempat persawahan Anda, jadi langkah lain yang pantas dicoba yaitu dengan memakai kapur yang umum dipakai sebagai bahan bangunan. Langkahnya cukup gampang, Anda cuma butuh menaburkan kapur tersebut di seputar tempat persawahan Anda, jadi ditanggung hama keong mas bakal musnah dengan sendirinya. Terkecuali efisien, langkah tersebut juga tak berikan efek pada tempat punya Anda.

3. Bikin Parit 

Buatah parit di sekitar tempat persawahan Anda. Parit kecil itu terkecuali berperan sebagai saluran irigasi, dapat juga dipakai untuk menghimpun keong mas saat sebelum menyerang ke tempat persawahan. Sebatas info, keong mas mempunyai habitat di daerah yang berair atau menggenang. Oleh karenanya ada parit di pinggir sawah bakal bikin keong mas berkumpul ditempat itu serta mempermudah Anda untuk menghimpun serta memusnahkannya.

4. Mendatangkan Predator Keong Mas 

Seperti hukum alam yang berlaku, jadi hadirnya predator dalam jumlah yang besar bakal memusnahkan populasi satu makhluk tidak mati pada daerah itu. Oleh karena itu, untuk membasmi hama keong mas dengan cara alami, jadi Anda bisa pelihara bebek atau itik serta melepaskannya di sawah.

Hadirnya bebek atau itik bakal jadi predator untuk keong mas hingga populasi mereka juga bakal hilang dengan cara perlahan-lahan. Tetapi butuh di perhatikan juga, bahwa bebek atau itik baru dapat kita terlepas di sawah saat tanaman padi sudah berusia cukup tua, atau daun-daunnya telah cukup tinggi. Karena di kuatirkan bebek atau itik yang kita terlepas juiceteru bakal mengonsumsi tanaman padi yang masih tetap muda.

5. Menanam Tanaman Talas 

Daun talas di ketahui bisa memancing atau menarik perhatian hama keong mas untuk berkumpul di sekelilingnya. Dengan hal tersebut bakal mempermudah kita untuk menghimpun hama keong mas serta memusnahkannya. Hadirnya tanaman talas tentu bakal mempermudah kita dalam mencari hama itu, lantaran kita tak perlu berkeliling di selama ruang sawah, cukup hanya berkunjung ke sebagian tanaman talas yang pastinya memnjadi tempat tinggal baru keong mas. Terkecuali menghemat tenaga, kita dapat juga menghemat saat.

6. Menanam Pepaya 

Terkecuali daun talas, hama keong mas juga suka bergerumbul di dekat pohon pepaya, belum di ketahui memanglah kenapa keong mas tertarik dengan daun talas serta daun pepaya. Terkecuali bisa temukan serta menghimpun hama keong mas dengan gampang, keuntungan lain yang bisa kita dapatkan dengan menanam tanaman seperti pepaya yaitu hasil buahnya bisa kita jual serta membuahkan duit. Jadi seperti kita memperoleh keuntungan ganda, baik dari sisi pembasmian hama ataupun dari sisi finansial.

7. Menyemprotkan Pestisida 

Pertimbangan paling akhir yang bisa kita pakai untuk menangani hama keong mas yaitu dengan memakai pestisida. Hasil yang diperoleh benar-benar sangat cepat serta praktis tanpa ada menggunakan banyak tenaga, tetapi utama kita cermati untuk melindungi pemakaian pestisida supaya tak mencemari lingkungan maupun jadi jadikan hama keong mas resisiten. Yakinkan Anda memakai pestisida yang pas serta sesuai sama dosisnya. Pemakaian pestisida yang disarankan untuk membasmi hama keong mas yaitu pestisida dengan bahan aktif Niclos Amida.

Kehadiran hama keong mas benar-benar sangat meresahkan, perubahannya dapat amat cepat yaitu 45 – 50 hari saja untuk beralih dari telur jadi keong mas dewasa. Bisa kita pikirkan serangan yang dapat berlangsung pada tanaman pagi kita bila hama itu telah menebar, lantaran umumnya keong mas bakal mengonsumsi semua daun padi sampai mengakibatkan kematian pada tanaman. Sebaiknya, saat sebelum sawah kita dikunjungi oleh hama keong mas itu, kita menghadapinya terlebih dulu. Tersebut disini panduan untuk menghindar hama keong mas masuk ke ruang persawahan kita.

Panduan Menghindar Hama Keong Mas Masuk Sawah 

Seperti yang kita ketahui pada awal mulanya bahwa hama keong mas sangatlah suka pada air, jadi langkah pencegahan pertama yang dapat kita kerjakan yaitu dengan buang seluruhnya genangan air yang ada di ruang sawah saat bibit tanaman padi sudah lewat step penanaman semuanya. Dengan hal tersebut, keong mas akan tidak ingin masuk ke sawah yang telah kering airnya.

Jarak yang cukup dekat antar sawah sangat mungkin untuk hama keong mas untuk beralih tempat atau menempatkan telurnya. Jadi langkah lain yang bisa kita lakukan yaitu dengan bikin saringan pada irigasi di selama tempat persawahan. Maksudnya supaya hama keong mas yang telah berkembang biak di sawah tetangga tak masuk ke ruang sawah kita.

Sekianlah langkah menangani hama keong mas pada tempat persawahan yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Kami mengharapkan artikel itu bisa jadi rujukan yang bermakna untuk beberapa pembaca sekalian.

Comments

Popular posts from this blog

Nyatanya Berikut Keterangan Kenapa Pohon Palem Tidak Roboh Walau Didera Badai

Pohon palem terserang badai Sudah pernahkah kamu lihat badai, baik itu di video ataupun di tv? Kemampuan badai dapat menumbangkan pohon, bahkan juga pohon besar sekali juga. Akan tetapi, tahukah kamu nyatanya ada pohon yang dapat tahan pada badai? Yap, pohon palem. Mengapa dapat demikian? Yuk, cari info! Tidak Tersusun dari Kayu Walau palem ialah pohon, tanaman ini lebih berkerabat dekat dengan rumput, jagung, serta beras. Tidak seperti pohon umumnya, batang pohon palem tidak terbuat dari kayu. Batang pohon palem terbagi dalam beberapa kumpulan jaringan seperti spons. Karenanya, batangnya jadi lentur. Kelenturan berikut yang membuat masih kuat walau ditiup badai. Rusaknya sangat kronis yang dihadapi pohon palem hanya batang bengkok. Subur di Ruang Tropis Tanaman palem masuk ke grup Arecaceae yang hidup semenjak 100 juta tahun yang kemarin. Ada seputar 2.500 type tanaman palem. Palem banyak tumbuh di daerah tropis. Dengan batangnya yang lentur, pohon

Capai Keuntungan Berlipat dengan Menanam Squash

Tau ngga belakangan ini makin banyak petani yang mulai menanam squash? Tanaman yang mungkin saja terdengar asing untuk umumnya orang. Lalu apakah benar dapat capai keuntungan berlipat dengan menanam squash? Nah inilah yang kan kita ulas pada artikel kesempatan ini, perihal sepintas budidaya squash, dan bagaimanakah prospeknya kelak. Profil singkat tanaman squash  Squash (Cucurbita maxima), yaitu salah type tanaman keluarga labu-labuan (cucurbitaceae). Squash sangat banyak macamnya, ada yang warna hijau, kuning, orange kemerahan. Tetapi squash di sini yaitu squash kuning, orange kemerahan. Di Indonesia, tanaman squah type orange serta merah-lah yang banyak ditanam. Warnanya yang menarik inilah jadi argumen beberapa orang menanam squash di halaman tempat tinggal, pekarangan, taman atau di pagar tempat tinggal sebagai hiasan. Squash mempunyai banyak kandungan vitamin serta mineral yang cukup kompleks, terkecuali sebagai sumber karbohidrat. Squash di ketahui kaya vitamin A, E, C